Header Ads 728x90

10 URL Penting yang Harus Diketahui Pengguna Google

10 URL Penting yang Harus Diketahui Pengguna Google

Google mungkin adalah hal pertama yang kamu pikirkan saat ingin mengetahui sesuatu. Kapan pun kamu butuhkan, apa pun yang kamu inginkan, kamu hanya perlu mencarinya melalui Google. Dan, Bingo! Eureka!, kamu sudah temukan jawaban dari pencarianmu. Tapi, pernahkah kamu berpikir? Apa saja yang Google simpan dari setiap kata yang kamu ketik di kotak pencariannya? Bagaimana cara Google menayangkan iklan relevan yang mungkin bisa menarik perhatianmu?

Inilah 10 URL penting yang harus kamu ketahui sebagai pengguna layanan Google. Semuanya tersembunyi di dasbor akun Google, beberapa di antaranya menyimpan data-data sensitif seperti kata sandi dan hal yang menurut Google bisa membuatmu tertarik.

10 URL Penting yang Harus Diketahui Pengguna Google

1. Google menyimpan daftar nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang kamu ketikkan saat masuk ke situs-situs tertentu melalui Google Chrome atau Android. Kamu bisa melihat daftar nama pengguna dan kata sandi yang tersimpan dalam bentuk teks standar melalui passwords.google.com.

passwords.google.com

2. Google menampilkan iklan berdasarkan kebiasaanmu mencari sesuatu di internet dan situs-situs yang sering kamu kunjungi. Sehingga Google bisa menebak umur, gender, bahkan kebiasan dan hobi. Data-data itulah yang nantinya digunakan untuk menampilkan iklan dan penawaran yang lebih relevan.

www.google.com/settings/ads

3. Kamu bisa mengunduh atau mengekspor semua berkas dan data-datamu yang ada di semua layanan Google, mulai dari pesan email (Gmail), foto (Google Photos), daftar kontak (Google Contacts), dan bahkan video yang pernah kamu unggah ke YouTube. Kunjungi halaman Takeout untuk mengunduh semuanya.

www.google.com/takeout

4. Jika kamu seorang Blogger, lalu menemukan konten atau artikelmu muncul di situs lain, kamu bisa mengajukan kompalain DMCA (Digital Management Copyright Act) pada Google untuk menghapus konten di situs tersebut.

support.google.com/legal

5. Jika kamu menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android atau Google Maps di iPhone, Google secara diam-diam melaporkan lokasi dan kebiasaanmu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Seberapa cepat kamu pindah? Kamu bisa melihat riwayat lokasi di situs Google Maps.

google.com/maps/timeline

6. Kamu bisa membuat akun Google menggunakan email yang sudah kamu miliki. Biasanya saat membuat akun Google yang baru, kita akan mendapatkan email dengan domain @gmail.com, tapi dengan URL khusus ini kamu bisa membuat akun Google dengan email apa saja yang kamu miliki.

accounts.google.com/SignUpWithoutGmail

7. Google dan YouTube merekam semua yang pernah kamu ketik atau ucapkan di kotak pencariannya, menyimpan semua riwayat iklan yang pernah kamu klik di situs tertentu, video yang pernah kamu tonton di YouTube.

history.google.com (Pencarian Google)
history.google.com/history/audio (Pencarian Suara)
youtube.com/feed/history (Pencarian dan video yang pernah ditonton di YouTube)

8. Kamu harus login ke akun Google yang kamu miliki setidaknya 9 bulan sekali, atau Google akan mematikan akunmu. Kamu bisa membaca program policies Google selengkapnya di sini.

www.google.com/settings/account/inactive

9. Jika khawatir akunmu diretas. Bukalah laporan aktivitas untuk melihat daftar setiap perangkat yang terkoneksi ke akun Google yang kamu miliki. Kamu bisa melihat alamat IP dan perkiraan lokasi geografis dari alamat IP tersebut.

myaccount.google.com/security

10. Jika kamu pengguna Android dan ponselmu hilang atau dicuri? Kamu bisa gunakan Google Device Manager untuk menemukan ponsel yang masih dalam keadaan hidup dan terkoneksi ke internet. Kamu bisa membunyikan, melacak, bahkan menghapus data sensitif ponselmu langsung dari PC.

google.com/android/devicemanager

Nah, itulah beberapa alamat URL penting yang harus kamu ketahui jika kamu seorang pengguna layanan dari Google.

No comments

AdBlock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your AdBlocker.

This is how to whitelisting this blog in your AdBlocker.

Thank you!

×