Header Ads 728x90

Apa Pengertian HTTPS dan Apa Perbedaannnya dengan HTTP?

Apa Pengertian HTTPS dan Apa Perbedaannnya dengan HTTP?

Di dalam dunia internet, sering kali kita mendengar dan melihat istilah HTTPS dan HTTP. Hal ini biasanya kita lihat saat menggunakan browser untuk berselancar di internet. Tapi, sudahkah kamu tahu apa pengertian HTTPS dan HTTP itu? Apa sih perbedaan HTTPS dan HTTP?

Apa Itu HTTPS?

Sebelumnya bisa mengetahui apa itu HTTPS, kamu harus tahu dulu apa itu HTTP. HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang berarti permintaan atau respon protokol berdasarkan mode komunikasi klien (browser, semua perangkat yang bisa mengakses internet) atau server. Intinya, HTTP adalah sebuah protokol yang mengatur komunikasi antara klien dan server.

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini merupakan versi yang lebih aman dari HTTP itu sendiri. HTTPS terimplementasi dengan SSL atau Secure Socket Layer, yang akhirnya mengalamai pembaruan menjadi TLS atau Transport Layer Security.

Website zaman sekarang lebih menggunakan fitur yang ada di dalam dukungan protokol HTTPS. Sebuah web browser yang terintegrasi dengan protokol HTTPS membutuhkan sertifikasi yang dinamakan SSL Certificate untuk mengotentikasi server atau website. Contohnya; mungkin kamu pernah melihat gembok berwarna hijau sebelum HTTPS pada address bar di Google Chrome. Jika ikon gembok itu diklik maka informasi otentifikasi sertikat dari website akan terlihat.

blogger.com - SSL Certificate

Lalu, Apa Perbedaan HTTPS dengan HTTP?

Ada beberapa perbedaan antara HTTP dan HTTPS secara umum. Pertama, HTTPS bisa menjamin sebuah keamanan data antara klien dan server, sedangkan HTTP tidak bisa melakukan hal itu. Kedua, HTTPS menggunakan port 443 sedangkan HTTP menggunakan port 80. Selebihnya hanya masalah kebutuhan SSL saja.

Jadi, protokol yang dipakai untuk komunikasi antara klien dan server adalah HTTP. Sedangkan, kalau memakai HTTPS, kamu diharuskan untuk punya sertifikat SSL yang mana nantinya dapat memungkinkan kamu untuk melakukan enkripsi data yang akan dikirim antara klien dan server.

No comments

AdBlock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your AdBlocker.

This is how to whitelisting this blog in your AdBlocker.

Thank you!

×