Header Ads 728x90

Cara Mengambil Screenshot Komputer tanpa Software Tambahan

Cara Mengambil Screenshot Komputer tanpa Software Tambahan

Screenshot merupakan gambar hasil dari tangkapan layar. Bagi kamu yang sudah sering menjelajah internet untuk mencari tutorial misalnya pasti sering menemukan gambar screenshot yang digunakan penulis sebuah blog untuk untuk memperjelas artikelnya. Dan di artikel ini akan kita bahas bagaimana caranya membuat gambar screenshot pada komputer tanpa perlu menggunakan software tambahan atau aplikasi lain.

Komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur built-in untuk memudahkan dalam mengambil screenshot. Tapi jika kamu merupakan advanced user dan membutuhkan fitur yang lebih, kamu bisa mencoba software pihak ketiga seperti Snagit, PicPick, dan lain-lain.

Cara Mudah Mengambil Screenshot di Windows tanpa Software Lain

Cara Pertama: Menggunakan Kombinasi Tombol Keyboard dan Print Screen
Tombol Print Screen bisa tertulis berbeda-beda pada setiap keyboard komputer atau laptop. Ada yang menggunakan PrntScrn, PrtScr, PrtScn, dan lain-lain. Tapi fungsinya sebenarnya sama saja. Silahkan periksa tombol Print Screen di keyboard komputermu.

1. Print Screen
Tekan tombol Print Screen pada keyboard, maka gambar screenshot akan tersimpan sementara di clipboard. Kemudian buka aplikasi Paint lalu tempel gambar screenshot dengan menekan tombol Ctrl + V. Lalu tekan tombol Ctrl + S untuk menyimpan screenshot menjadi file gambar.

2. Alt + Print Screen
Cara ini berguna untuk mengambil screenshot hanya pada jendela yang aktif. Taskbar dan yang lainnya tidak akan masuk dalam screenshot. Caranya sama dengan nomor 1. Tekan tombol Alt + Print Screen lalu tekan Ctrl + V untuk menempel di Paint, kemudian tekan Ctrl + S untuk menyimpan sebagai gambar.

File Explorer - Windows 10

2. Windows + Print Screen
Untuk menyimpan screenshot langsung menjadi file gambar, tekan tombol logo Windows + Print Screen pada keyboard. Maka layar akan seketika berkedip tanda gambar screenshoot sudah ditangkap dan disimpan. Untuk melihat hasilnya kamu bisa membuka folder Pictures: "C:\Users\[username]\Pictures\Screenshots".

Screenshots folder - Windows 10

Hanya saja cara ini bisa dilakukan bagi pengguna Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

4. Windows + Shift + S
Untuk mengambil screenshot bagian tertentu pada layar secara manual, gunakan tombol kombinasi Windows + Shift + S. Kemudian potong bagian tertentu yang kamu inginkan. Selanjutnya untuk menyimpan hasil potongan tadi menjadi gambar, buka Paint dan lanjutkan seperti cara nomor 1 dan 2.

Windows + Shift + S


Cara Kedua: Menggunakan Snipping Tool
Snipping Tool sudah menjadi bagian dari sistem operasi Windows sejak lama, mulai dari Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10. Tapi Snipping Tool yang tersedia di Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 memiliki batasan, yaitu kamu tidak bisa mengambil screenshot yang melibatkan gerakan mouse seperti klik kanan, dan mouse hover untuk melihat tooltips. Sedangkan di Windows 10 sudah ada opsi "Delay" untuk mengatasi hal ini.

Delay - Snipping Tool

Dengan Snipping Tool kamu juga bisa menambahkan keterangan pada screenshot berupa anotasi menggunakan Pen dan Highlighter yang sudah tersedia.

Cara menggunakan Snipping Tool sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memilih jenis screenshot yang ingin kamu ambil.

Mode - Snipping Tool

  • Free-form Snip; membuat screenshot secara bebas dalam bentuk apapun.
  • Rectangular Snip; membuat screenshot secara bebas dalam bentuk segi empat.
  • Window Snip; membuat screenshot pada jendela tertentu.
  • Full-screen Snip; membuat screenshot pada layar keseluruhan.

Nah, untuk mengambil screenshot pada klik kanan dan tooltips dari mouse hover, aktifkan dulu opsi Delay antara 1 Second hingga 5 Seconds. Lalu klik New untuk mengambil screenshot, kemudian dengan segera lakukan klik kanan atau mouse hover sebelum Snipping Tool mengambil screenshot-nya.

Itu dia cara lengkap mengambil/menangkap screenshot di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Jika ada yang mau ditambah, kamu bisa share di kolom komentar. Selamat mencoba!

No comments

AdBlock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your AdBlocker.

This is how to whitelisting this blog in your AdBlocker.

Thank you!

×